AKUNTANSI YUK

Tempat Belajar Akuntansi

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home

Dasar Akuntansi

E-mail Print PDF

 

Akuntansi

Apa itu akuntansi?? Banyak orang yang menganggap akuntansi itu hanya sekedar menghitung uang [itupun bukan uang sendiri yang dihitung :) ]. Pertanyaan sederhana yang muncul tapi banyak orang yang masih belum begitu paham tentang arti luasnya. Nah, sebelum kita bingung, di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap apa itu AKUNTANSI.

Pengertian Dasar Akuntansi

Kata akuntansi berasal dari kata bahasa Inggris, to account, yang berarti memperhitungkan atau mempertanggungjawabkan. Kata akuntansi sebenarnya diserap dari kata accountancy yang berarti hal-hal accountant (akuntan) atau bersangkutan dengan hal-hal yang dikerjakan oleh akuntan dalam menjalankan profesinya. Sebagai bidang pengetahuan, istilah umum yang digunakan adalah accounting yang mempunyai pengertian lebih luas daripada accountancy (yang lebih berkaitan dengan profesi atau implementasi pengetahuan akuntansi).

Akuntansi berkaitan erat dengan informasi keuangan. Badan yang berwenang dan beberapa ahli memberi pengertian yang berbeda, bergantung sudut pandang dan penekanan yang mereka anut. Definisi resmi yang mula-mula diajukan adalah definisi yang dimuat Accounting Terminology Bulletin no. 1 yang diterbitkan oleh Accounting Principles Board (APB), yaitu suatu komite penyusunan prinsip akuntansi yang dibentuk oleh American Institute of Certified Public Accountant(AICPA). Komite tersebut mendefinisi akuntansi sebagai berikut : “Akuntansi adalah proses pencatatan, penggolongan dan peringkasan transaksi kejadian yang tepat (berdaya guna) dalam bentuk satuan uang dan penafsiran hasil proses tersebut.”

Jika ditinjau dari segi prosedur, pengertian akuntansi adalah suatu teknik atau seni untuk mencatat, menggolongkan, dan menyimpulkan transaksi-transaksi atau kejadian-kejadian yang mempunyai sifat keuangan dalam nilai mata uang serta menganalisis hasil dari teknik tersebut. Pengertian seni dalam definisi tersebut dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa akuntansi bukan merupakan ilmu pengetahuan eksakta atau sain karena proses penalaran dan perancangan akuntansi banyak melibatkan unsur pertimbangan (judgment). Seni dalam definisi di atas lebih mempunyai konotasi sebagai kerajinan dan keterampilan atau pengetahuan terapan yang isi dan strukturnya disesuaikan dengan kebutuhan untuk mencapai suatu tujuan. Pengertian seni mengacu pada keahlian untuk memilih (prinsip, metode dan teknik) yang sesuai kebutuhan dan selera yang menggunakan akuntansi. Lagipula akuntansi merupakan suatu alat yang bentuk dan isinya sangat bergantung pada kondisi lingkungan dimana akuntansi itu diterapkan.


Namun, ada beberapa pengertian lain mengenai akuntansi, yaitu :

Menurut American Accounting Association (AAA) "Akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi pihak pemakai informasi "


Dalam arti luas“ Akuntansi adalah proses identifikasi, pengukuran, dan komunikasi dari informasi-informasi ekonomi untuk menghasilkan pertimbangan dan keputusan-keputusan dari pemakai informasi tersebut”

 

Sekarang sudah tahu kan apa itu akuntansi. ternyata tidak sesederhana yang ada di pikiran kita masing-masing.. :)

Dan dari pengertian akuntansi diatas dapat kita ketahui bahwa ada beberapa proses yang harus dijalankan antara lain:

1. Pencatatan(Recording)

Pencatatan adalah proses awal kegiatan akuntansi yang mencatat semua kegiatan keuangan perusahaan atau yang disebut transaksi keuangan ke dalam dokumen atau bukti-bukti transaksi ke dalam buku harian (jurnal) yang tersedia pada perusahaan dengan cermat dan kronologis. Bukti-bukti transaksi bisa berupa nota, kuitansi, cek,  faktur pembelian, bukti pengeluaran, bukti penerimaan dan bukti-bukti transaksi yang lain. Bukti transaksi ini yang menjadi pegangan untuk proses akuntansi selanjutnya. Contoh: Transaksi pembelian secara tunai dicatat ke dalam bukti transaksi (nota).

2. Penggolongan(Classifying)

Transaksi yang terjadi di suatu perusahaan bisa puluhan kali, ratusan kali, bahkan ribuan kali setiap hari dengan berbagai jenis transaksi tergantung besar kecilnya perusahaan. Perusahaan kecil biasanya tidak banyak bertransaksi untuk setiap harinya, sementara perusahaan besar mungkin melakukan transaksi puluhan atau bahkan ratusan kali. Penggolongan merupakan kegiatan mengelompokkan transaksi keuangan perusahaan ke dalam akun buku besar. Contoh: transaksi penjualan secara tunai dicatat ke dalam jurnal penerimaan kas dan digolongkan ke dalam akun buku besar.

3.Peringkasan (Summarizing)

Peringkasan merupakan kegiatan untuk meringkas transaksi keuangan yang sudah digolongkan ke akun buku besar (pada bagian b) ke dalam neraca saldo, jurnal penyesuaian, jurnal penutup, menutup buku besar, neraca saldo setelah penutupan, dan jurnal pembalik.


4.Pelaporan(Reporting)

Pelaporan yang dimaksud adalah menyusun laporan keuangan yang terdiri dari laporan laba rugi, laporan laba ditahan (PT), neraca, laporan perubahan modal/ekuitas, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan.

 

Proses akuntansi dapat digambarkan dengan skema di bawah ini

Nah, Sekarang mengerti kan apa akuntansi itu.. :D


Untuk yg ingin lebih tahu pengertian akuntansi dari berbagai sumber lain, cek link di bawah ini.. :)

http://atindanurus.blogspot.com/2012/06/definisi-akuntansi.html

http://www.hari.asia/2012/03/definisi-akuntansi.html

 

Last Updated on Thursday, 02 May 2013 00:42